ADV2 ADV2 ADV2

Aleg Terpilih Kotamobagu Jangan Jadi Anak TK

Share This:

Ketua LPKEL Reformasi, Effendy Abdul Kadir

Ketua LPKEL Reformasi, Effendy Abdul Kadir

Kotamobagu, BT – Walaupun belum dilantik, namun sorotan terhadap para Anggota Legislatif (Aleg) yang baru terpilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) April lalu, khususnya di wilayah Kotamobagu. Mulai bermunculan. Salah satunya datang dari Ketua Lembaga Pemantau Kinerja Eksekutif dan Legislatif (LPKEL) Reformasi, Effendy Abdul Kadir.
Aktifis Kotamobagu ini mengingatkan kepada para Caleg terpilih, untuk mempersiapkan diri serta mental. Peringatan Effendy ini, berdasarkan dinamika politik dalam lembaga parlemen tersebut dipastikan akan sangat kental.

“Olehnya kami menyarankan agar Anggota DPRD Kotamobagu yang khususnya baru pertama kali mènduduki kursi parlemen, agar dapat memperbanyak referensì peraturan dan perundang-undangan yang mengatur tentang fungsi dan tugas mereka,” ujar Effendy.

Masih menurut Effendy, salah satu yang penting dipelajari para Aleg baru, adalah fungsi legislasi, atau membuat peraturan daerah (perda) yang tentunya bisa menyentuh langsung dengan kepentingan masyarakat.
“Selain itu, fungsi penyusunan anggaran yang pro rakyat, serta kontrol ke pemerintah harus benar-benar dijalankan,” tegas mantan Ketua Umum HMI Cabang Bolmong ini.
Dengan pengetahuan tersebut, dikatakan Ending sapaan akrabnya, maka para Aleg tersebut bisa mengimbangi pihak eksekutif.
Disisi lain, dirinya pun memperingatkan agar para Aleg itu, nantinya dalam lembaga parlemen jangan bertingkah seperti anak Taman Kanak Kanak (TK).
“Sebab, dari data yang ada pada kami, ada Aleg yang masih sangat muda sudah terpilih. Mudah-mudahan argumentasi-argumentasi mereka dalam sidang-sìdang DPRD nanti tidak kekanak-kanakan. Tampilkanlah pendewasaan dìrì dalam beragumentasi kedepan,” tutupnya. (junaidi)

author

Author: