Buah Matoa Ternyata Bisa Cegah Kanker

Bagikan Artikel Ini:
Buah Matoa ternyata memiliki banyak khasiat. Salah satunya sebagai pencegah kanker.

Buah Matoa ternyata memiliki banyak khasiat. Salah satunya sebagai pencegah kanker.

Siapa yang tak kenal dengan buah Matoa. Buah yang memiliki pohon tinggi rindang dan bisa mencapai tinggi 20 meter itu, ternyata selain enak dimakan memiliki sejumlah kegunaan, maupun khasiat bagi tubuh.

Betapa tidak, Pohon dari buah langka yang memiliki rasa yang manis dan aroma seperti buah Durian, dan dagingnya seperti buah rambutan, ternyata bisa dijadikan salah satu bahan bangunan. Pasalnya,akar yang kuat dan kayu dari pohon matoa sangat kuat dan bagus untuk jadi tiang bangunan, lantai, kusen, dan perahu.
Selain itu, Buah yang menjadi ciri khas Bolaang Mongondow Raya (BMR), dan ternyata juga tumbuh di provinsi Papua ini, kulit kayunya biasa dipakai masyarakat priangan untuk mengobati luka.
Tidak hanya itu, penduduk Papua juga menggunakan daun matoa untuk mulsa saat penanaman gadung.
Orang Malaysia bahkan, membuat rebusan daun dan kulit kayu buah matoa digunakan untuk mandi guna mengobati demam.
Selain bisa dijadikan bahan bangunan. Buah ini ternyata memiliki sejumlah khasiat. Banyaknya kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah ini, bisa menjadi antioksidan pencegah kanker. Selain itu, mengkonsumsi buah ini dengan tidak berlebihan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menghitamkan rambut, meningkatkan kesuburan pria dan wanita,melembapkan kulit, serta meringankan stress/tertekan.

Meski demikian, buah ini tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebab, bisa memberikan efek samping seperti merasakan pusing seperti mabuik, atau teller. (khasiat.net)

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.