ADV2 ADV2 ADV2

Boltim Ingin Gelar TKD Untuk Pelamar CPNS

Share This:

Boltim, BT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Timur, dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan memberlakukan seleksi sangat ketat. Pasalnya, usai melakukan pendaftaran online, dan pemasukan berkas fisik, para pelamar tidak hanya akan diperhadapkan dengan tes sistem CAT, tapi Pemkab Boltim pun merencanakana akan menggelar Tes Kompetensi Dasar (TKD), sebelum tes sistem CAT itu digelar.

“Rencana pengadaan TKD itu akan kami layangkan lewat surat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian PAN-RB, sebagai pengajuan sebelum tes sistem CAT digelar,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Bolmong Timur, Darwis Lasabuda, seraya menambahkan kalau rencana TKD itu sudah dikonsultasikan dengan Bupati Bolmong Timur Sehan Salim Landjar.

Pelaksanaan TKD itu, dikatakan Darwis bertujuan untuk mengukur kapasitas pelamar CPNS, sesuai dengan disiplin ilmu, serta formasi yang mereka lamar.

“Sehingga CPNS di daerah ini benar-benar terseleksi, dan tidak terkesan sembarangan, untuk menjadi birokrat,” tambahnya.
Pelaksanaan tes berlapis itu juga menurut Darwis akan lebih menjamin, kualitas para abdi negara yang akan bekerja melakukan pelayanan masyarakat did aerahnya.
“Nanti setelah mengikuti TKD, mereka akan melanjutkan ke sistem CAT. Gal ini dilakukan agar ketika mereka lulus nanti, kompetensinya sudah tidak perlu diragukan,” jelasnya.
Soal teknis pelaksanaan TKD nanti, Darwis mengatakan pihaknya akan mengundang sejumlah kementerian sesuai dengan bidang dalam formasi perekrutan CPNS yang ada di daerah itu.
“Dalam TKD nanti, ada tes psikologi, tertulis dan wawancaran” tutupnya. (dtk/jun)

Tags:
author

Author: