Jokowi Rencana Pangkas Gaji PNS 

Bagikan Artikel Ini:
ilustrasi

ilustrasi

Jakarta, BT – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (R-APBN) tahun 2015, mendapatkan sorotan tajam dari presiden Republik Indonesia (RI) terpilih, Joko Widodo. Pasalnya, menurut Deputi kantor Tim Transisi Jokowi, Hasto Kristianto, mengatakan dalam penilaian Joko Widodo, beban anggaran dalam R-APBN 2015 terlalu besar. Terlebih khusus dalam hal gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Besaran anggaran untuk gaji PNS, dinilai Jokowi tidak sehat. Pasalnya, banyak daerah yang mengalokasikan anggaran PNS lebih besar dari belanja public.

“Yang perlu diwaspadai adalah belanja aparatur Negara, jangan sampai melampaui belanja publik. Nantinya ini akan dilakukan penataan. Bukannya ingin menyusahkan PNS, tapi bagaimana kalau anggaran tersebut kita alokasikan lebih banyak untuk rakyat,” ujar Hasto, menyampaikan pandangan Jokowi.

Masih menurut Hasto, Jokowi juga menyoroti alokasi anggaran belanja, untuk perjalanan dinas, dan beberapa pelatihan di tingkatan PNS,  dimana menurut Jokowi anggaran pada sektor itu masih terlalu, sehingga Jokowi berencana melakukan perubahan politik alokasi.

“Alokasi belanja untuk perjalanan dinas, serta pelatihan masih cukup besar dalam R-APBN 2015. Ini nanti akan dikaji serta dilakukan perubahan politik alokasi,” tutupnya. (mdc/snc/jun)

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.