Lanjutkan Pembangunan, Pemkab Bolmong Gelar Musrenbangda

Bagikan Artikel Ini:

INFO PEMKAB BOLMONG

Suasana Musrenbang Pemkab Bolmong

Suasana Musrenbang Pemkab Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Proses pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow kedepan, dipastikan akan terus berlanjut. Hal ini tercermin dengan digelarnya Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbangda) untuk tahun anggaran 2016, Kamis (19/03/2016).

Dalam acara yang digelar di lantai II kantor Bupati Bolmong di Kecamatan lolak tersebut, Bupati Salihi Mokodongan mengatakan, Musrenbang ini berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan. Selain itu sinkronisasi rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja-SKPD) dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

“Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016 sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2016,” tutur Salihi.

Selain itu, penyusunan rancangan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antara Bappeda dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui penyelenggaraan Musrenbang.

“Kita akan evaluasi permasalahan terkait realisasi program-program tahun sebelumnya. Sehingga, dalam pembahasan yang dilakukan bersama antar para pemangku kepentingan, disepakati langkah-langkah penanganan masalah yang tertuang dalam program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan dan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

“Dan pada akhirnya, ini akan menjadi dasar penyusunan Program Kegiatan Prioritas yang akan disusun oleh SKPD pada KUA PPAS tahun 2016,” jelasnya.

Bupati juga berharap agar, musrenbang tahun ini, pemerintah desa dan kecamatan, bisa membuat daftar masalah yang tidak berorientasi pada kegiatan fisik saja. Tetapi, mampu untuk dapat menginventarisi masalah yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial budaya. Agar penyusunan dokumen RKPD tahun 2016 selesai sesuai jadwal, maka seluruh SKPD segera menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaanya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.