ADV2 ADV2 ADV2

Sejumlah Desa di Boltim Alami Krisis Air Bersih

Share This:

Ilustrasi krisi air bersih

Ilustrasi krisi air bersih

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –  Sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bolmong Timur saat ini mulai krisis air bersih. Hal ini terungkap dari pengakuan beberapa warga di desa tersebut.

“Sumur dan mata air kami berjalan lancar, namun airnya kurang bersih untuk dipakai minum,” ungkap salah satu warga Desa Iyok.

Senada juga dikatakan salah satu warga Desa Molobog juga yang mengatakan yang hal sama.

“Kami lebih banyak mengambil air dari pegunungan ketimbang dari sumur yang kabur,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PAM Dinas PU, Muchtar Mustafa saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dimana, menurutnya, pihaknya telah menerima laporan dari sejumlah warga yang ada di beberapa desa di daerah itu.

“Laporan yang masuk ke kita itu masih masalah terkait air bersih, bukan kekeringan. Untuk Desa Jiko-Molobog, Nuangan Selatan ada Desa Iyok dan Desa Loyow, itu proyeknya sudah sementara jalan. Kemudian di daerah Bai’ itu sudah masuk program,” terang Mustafa.

Lanjutnya, untuk pencapaian target dalam hal pemenuhan air bersih bagi warga pihaknya akan berusaha maksimal menuntaskan hal tersebut hingga tahun 2016 nanti.

“Kita sudah menyusun program lima tahunan yaitu Kebijakan Strategi Daerah Penyelenggaraan PAM sampai 2020 nanti,” pungkasnya. (Sandy Bawoel)

Tags:
author

Author: