DPRD Bolmut Minta Budidaya Nilam Dikembangkan

Bagikan Artikel Ini:
Frangky Chendra

Frangky Chendra

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Proses pembudidayaan tanaman Nilam mendapatkan perhatian serius dari DPRD Kabupaten Bolmong Utara. Pasalnya, tanaman yang merupakan bahan utama untuk membuat minyak wangi tersebut, dinilai bisa mendorong percepatan perekonomian daerah itu. Hal ini sebagaimana dikatakan Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bolmong Utara, Frangky Chendra saat bersua dengan sejumlah awak media.

“Kami berharap agar instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanakbunhut) dapat mengembangkan
tanaman Nilam yang merupakan bahan utama pembuatan minyak wangi dan kosmetik,” ujar Frangky.

Dikatakan Frangky, Kabupaten Bolmut merupakan salah satu daerah yang potensial untuk pengembangan tanaman Nilam, akan tetapi para petani kurang berminat dalam membudidayakan tanaman tersebut.

“Pemkab Bolmut dapat memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan serta bantuan alat dan bibit kepada para petani untuk mengembangkan budi daya tanaman Nilam, hingga pada prospek pemasaranya. Dengan demikian para petani akan tertarik untuk membudidayakan tanaman tersebut,” tambahnya.

Dirinyapun menilai selain mudah dibudidayakan, tanaman tersebut juga memiliki nilai jual yang tinggi bahkan apabila dikembangkan secara intensif dapat memenuhi kebutuhan pasar nasional bahkan internasional.

“Untuk pemasaran petani kita bakal tidak kesulitan sebab di Kecamatan Sangkub sudah ada tempat penyulingan,” tutupnya. (indra piring)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.