ADV2 ADV2 ADV2

Bolmut Darurat Asap, DPRD Minta Dinkes Bertindak

Share This:

Arman Lumuto

Arman Lumuto

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Naiknya status wilayah Kabupaten Bolmong Utara, dari waspada kebakaran menjadi darurat kebakaran membuat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Utara, Arman Lumuto angkat bicara. Tak pelak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Utara yang merupakan salah satu instansi teknis di jajaran Pemkab Bolmong Utara, diminta untuk bertindak cepat.

“Sudah seminggu kabut asap melanda di Kabupaten Bolmut akibat terbakarnya lahan dan hutan di lima kecamatan, tapi sampai sekarang belum ada gerakan dari pihak Dinkes setempat,’ ujar Arman.

Arman pun mendesak agar pihak Dinkes segera melakukan langkah antisipasi dengan membagikan masker ke masyarakat.

“Ini penting untuk menjaga jangan sampai masyarakat terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa). Makanya masker harus dibagikan untuk mengantisipasi hal itu,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta MARS, saat dikonfirmasi mengatakan, setelah dinaikkan status menjadi darurat kebakaran Dinkes telah menginsturuksikan seluruh puskemas yang ada untuk menangani dampak asap ini, melihat dampaknya bisa menimbulkan penyakit ISPA pada masyarakat.

“Saya telah mengantispasi dampak asap ini bagi masyarakat dengan menginstuksikan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bolmut agar dapat menangani pasien yang gejalanya di akibatkan oleh kabut asap, dan saya berharap kepada masyarakat yang terkena ganguan pernafasan segera berobat ke puskesmas terdekat,” Imbuh Jusnan. (indra piring)

Tags:
author

Author: