Dinkes Boltim Latih Kader Pramuka Pencetus P3K

Bagikan Artikel Ini:
Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi

Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –  Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) tidak hanya berlaku pada petugas medis dilapangan juga yang berada di pusat-pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), namun oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) telah diterapkan pada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Boltim untuk menjadi ‘kader’ pramuka kesehatan pencetus P3K dan penanganan kesehatan dini.

“Jadi ini merupakan bentuk pelatihan kesehatan yang melibatkan seluruh siswa ditingkatan menengah atas yang nantinya mereka-mereka itu menjadi gugus depan dalam penanganan kesehatan dasar,” terang Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi, Kamis (08/10/2015) kemarin dilokasi pelatihan pramuka saka Bhakti Husada ditingkatan Kabupaten Boltim.

Disisi lain, pelatihan yang merupakan program dari Dinkes Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang melibatkan 3 SMA, 7 SMK dan MA 1 serta dari unsur Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Boltim itu juga menurut Eko, menjadi bahan untuk menggali potensi para siswa agar dapat berperan aktiv dalam bidang kesehatan khususnya di tingkatan pendidikan.

“Jadi kami libatkan semua komponen pendidikan yang ada di Boltim untuk mendorong dibidan kesehatan. Mereka juga nantinya bisa menjadi perwakilan Dinkes di sekolah yang saling berkoordinasi dalam masalah kesehatan,” ungkapnya. (sandy bawoel)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.