Hanya 15 Desa/Kelurahan Yang Miliki Pemilih Tambahan di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Asep Sabar

Asep Sabar

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Hampir semua PPS se-Kotamobagu merampungkan tahapan rekapitulasi DPTb-1 tingkat kelurahan desa pada Kamis (22/10/15) hari ini. “Tahap selanjutnya adalah rekapitulasi tingkat kecamatan yang akan digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih di kantornya, Kamis (22/10/15) pagi.

Menurut Asep, kesimpulan yang bisa diambil pada tahapan rekap daftar pemilih tambahan (DPTb-1) tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), ternyata Cuma sedikit dan tidak semua kelurahan/desa ada pemilih tambahannya.

“Hanya beberapa desa/kelurahan saja yang ada pemilih tambahannya,” ujar Asep sambil menunjukkan data DPTb-1 Kotamobagu yang sudah masuk portal. Total yang memasukkan data tambahan,

kata Asep, hanya 15 dari total 33 PPS atau desa/kelurahan se-Kotamobagu.

“Tapi ini masih sementara, karena bisa saja masih ada PPS yang merekap hingga sore nanti. Sementara ini jumlah pemilih tambahan di Kotamobagu yang sudah masuk di portal sebanyak 196 orang. Kalau diprosentasikan jumlah DPTb-1 Kotamobagu hanya 0,4 persen saja. Ini pertanda data pemilih di daerah ini sudah hampir sempurna,” tuturnya.

Bila dilihat dari data di sistem informasi data pemilih (sidalih), untuk Kecamatan Kotamobagu Barat hanya Kelurahan Kotamobagu yang tidak memasukkan data pemilih. Kecamatan Kotamobagu Selatan; Bungko, Mongondow, Poyowa Besar II dan Tabang yang persoalan data pemilih dianggap sudah tuntas. Dua Kecamatan lainnya yakni Kotamobagu Timur; Kobo Besar, Kobo Kecil, Motoboi Besar, Moyag Todulan dan Tumubui yang tidak memasukkan data pemilih tambahan. Terakhir Kecamatan Kotamobagu Utara hanya Biga dan Genggulang yang memasukkan data tambahan, lainnya dianggap sudah tuntas. (jun)

 

                                                    Tabel. Data DPTb-1 Kelurahan/Desa se-Kotamobagu

Kelurahan/Desa Laki-Laki Perempuan Jumlah
Biga 5 2 7
Genggulang 10 19 29
Kotobangon 2 1 3
Matali 6 2 8
Moyag 3 2 5
Moyag Tampoan 18 11 29
Sinindian 2 2 4
Kopandakan I 4 4 8
Motoboi Kecil 4 2 6
Poyowa Besar I 18 15 33
Gogagoman 20 26 46
Mogolaing 2 5 7
Molinow 1 0 1
Mongkonai 1 6 7
Mongkonai Barat 2 1 3
Total 98 98 196

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.