ADV2 ADV2

DPRD Bolmut Minta Pemerintah Pacu Penyerapan Anggaran

Bagikan Artikel Ini:
Karel Bangko SH

Karel Bangko SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Masih minimnya serapan anggaran secara keseluruhan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Bolmong Utara, mendapatkan sorotan tajam dari Ketua DPRD Kabupaten Bolmut, Karel Bangko SH.

Dalam kesempatan saat bersua dengan  sejumlah awak media, Karel mengatakan minimnya serapan anggaran tersebut harus segera diatasi oleh pemerintah.

“Kami mendesak Pemkab Bolmut segera memacu penyerapan anggaran di tahun 2015. Mengingat sejauh ini hasil dari serapan anggaran yang ada di tiap SKPD masih sangat minim,” ujar Karel.

Politisi senior partai Golkar ini pun mengatakan, minimnya serapan anggaran akan sangat berpengaruh pada penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 nanti.

“Jika serapan anggaran minim, maka Silpa yang akan muncul di akhir tahun anggaran akan sangat besar. Ini tentu akan berpengaruh pada penyusunan APBD tahun 2016 nanti,” tambahnya.

Karel pun menambahkan kalau pengesahan APBD Perubahan tahun 2015 ini, merupakan hasil usulan dari SKPD yang ada di Pemkab Bolmut.

“Makanya, jika serapan anggarannya minim, maka ini sebuah pertanda akan gagalnya perencanaan program oleh SKPD yang ada,” tukasnya.

Dari data yang dihimpun sejumlah awak media, sejauh ini dari Rp515 miliar anggaran yang disediakan oleh Pemkab Bolmut tahun ini, baru ada sekitar Rp209 miliar yang berhasil direalisasi. Adapun dari persentase serapan anggaran baru terdapat sekitar 58 persen anggaran yang mampu diserap oleh pihak pemerintah. (indra piring)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.