Cegah DBD, Pemkab Mulai Latih Kader Jumantik

Bagikan Artikel Ini:
Kepala Dinkes Bolmong drg Rudiawan

Kepala Dinkes Bolmong drg Rudiawan

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Upaya pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bolmong, terus dilakukan oleh pemerintah setempat. Ini bisa dilihat dari program Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong yang akan melakukan pelatihan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

“Jentik itu merupakan bakal nyamuk, yang membawa virus penyakit yang bisa berjangkit pada manusia tergigit olehnya. Sehingga, jika kesadaran warga untuk senantiasa menjaga lingkungan ini bisa terus di dorong. Maka otomatis resiko terserang penyakit dapat di minimalisir,” ujar Bupati Bolmong Hi Salighi Mokodongan, lewat Kepala Dinkes Bolmong,l Drg Rudiawan.

Untuk melakukan pelatihan kader Jumantik, Rudiawan mengatakan kalau pihaknya akan melakukan komunikasi dengan seluruh pemerintah desa yang ada di daerah itu.

“Kita akan bekerja sama dengan pemerintah desa se Bolmong untuk mempersiapkan calon Kader jumantik, yang nantinya akan di bekali dengan pengetahuan tentang, pencegahan dan penanggulangan lingkungan lewat pelatihan. Dan setelah itu akan di terjunkan kelapangan,” terangnya.

Meski demikian juga mengakui, kalau apapun upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah pada intinya tergantung pada masyarakat.
“Pilihanya ada pada masyarakat, jika ingin sehat, maka lewat program ini muda-mudahan ada kerjasamanya yang baik untuk mengimplementasikanya di lingkungan tempat tinggalnya,” tutupnya, (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.