ADV2 ADV2

Virus Zika Bisa Diantisipasi Dengan Cara Ini

Bagikan Artikel Ini:
Eko Marsidi

Eko Marsidi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Meski Kabupaten Boltim belum dimasuki virus Zika, namun langkah pencegahan akan penyakit tersebut mulai dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong Timur. Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi SKM ME yang mengatakan kalau pihaknya saat ini terus melakukan fogging (pengasapan) di seluruh daerah tersebut.

“Penyebab penyakit ini berasal dari nyamuk. Sama dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Makanya fogging tetap kami maksimalkan ke seluruh pelosok daerah Boltim,” ujar Eko,

Untuk pencegahan agar tidak terkena virus tersebut, Eko mengatakan langkahnya sama seperti dengan pencegahan penyakit DBD dan Malaria yang disebabkan oleh nyamuk.

“Pola pencegahannya masih sama, yakni dengan menggalakkan pla hidup bersih, menguras, membersihkan dan mengubur barang yang tidak terpakai dan dapat menmpung air,” tambahnya,

Meski sama-sama disebabkan oleh gigitan nyamuk. Namun, gejala penyakit yang disebabkan oleh virus zika menurut Eko agak sedikit berbeda.

“Gejala yang menonjol jika terinfeksi virus Zika adalah demam mendadak tinggi, mata merah, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, lemas, serta kemerahan di kulit badan, punggung, hingga kaki. Kalau demam berdarah, timbul bintik merah, sampai pendarahan dan trombosit turun. Namun pada Zika, trombositnya normal,” jelasnya, (sandy)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.