Kelurahan Upai Bakal Jadi Contoh Sebagai Kampung Iklim di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:
Nasrun Gilalom

Nasrun Gilalom

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Keberhasilan kelompok tani Bintang Utara untuk terus menggarap dan memproduksi hasil pertanian dengan maksimal, di tengah perubahan iklim saat ini mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Hal ini tercermin dari pernyataan Plh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kotamobagu Drs Nasrun Gilalom yang mengatakan kalau pihaknya berencana akan menjadikan Kelurahan Upai, tempat dimana kelompok tani tersebut berada sebagai Kampung Iklim di daerah itu, sebagaimana program dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

“Kelompok tersebut sudah kami amati sejak lama. Mereka juga sudah sempat mengikuti kegiatan hingga ke tingkat Nasional. Makanya, dengan dasar tersebut, kami berencana menjadikan Kelurahan Upai sebagai kampung Iklim di daerah ini,” ujar Nasrun.

Dikatakan Nasrun, kampung iklim tersebut merupakan program langsung dari KLH. Yang mana hal itu bertujuan untuk meminimalisir terkait perubahan iklim yang tengah terjadi saat ini.

“Kelompok tani Bintang Utara di Kelurahan Upai selama ini terus kami nilai sukses beradaptasi dengan perubahan iklim yang ada. Mereka diketahui sejauh ini terus menggunakan pupuk organic, dan melakukan pengghijauan di beberapa lahan kritis di wilayah tersebut,” tambahnya, (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.