ADV2 ADV2 ADV2

Pemkab Bolmong Siagakan 200 Pos Imunisasi Polio

Share This:

Kepala Dinkes Bolmong dr Rudiawan

Kepala Dinkes Bolmong dr Rudiawan

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Sekitar 200 pos imunisasi telah disiagakan Pemkab Bolmong untuk mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang akan berakhir pada Selasa (15/03/2016) mendatang. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong, drg Rudiawan saat bersua dengan sejumlah awak media belum lama ini.

“Selain 200 pos PIN tersebut ada juga 16 Puskesmas yang tersebar di 15 Kecamatan hingga saat ini terus siap untuk memberikan pelayakan pemberian imunisasi polio kepada balita,” ucap Rudiawan.

Masih menurut Rudiawan, 200 pos PIN tersebut tersebar di seluruh desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Bolmong.

“Jadi jika dikalkulasi, maka ada 1 pos di tiap desa yang siaga. Selain itu ada 1 Puskesmas juga di tiap Kecamatan yang tetap siap melayani masyarakat yang membawa balita mereka untuk di imunisasi,” tambahnya,

Dalam kesempatan tersebut, Rudiawan menuturkan kalau penyakit Polio atau istilah kedokterannya disebut Poliomielitis adalah penyakit kelumpuhan yang disebabkan oleh virus tertentu.

“Virus itu dinamakan Poliovirus (PV). Dimana, virus tersebut masuk melalui mulut dan menginfeksi saluran usus, dan bisa sampai ke aliran darah yang mengalir ke system saraf lantas menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan,” jelasnya. (supandri)

Tags:
author

Author: