ADV2 ADV2 ADV2

HUT Kotamobagu Ke 9 Dijadikan Momentum Bangkitkan Kebudayaan

Share This:

Pelaksanaan Lomba tarik tambang antar SKPD dalam rangka HUT Kotamobagu ke 9

Pelaksanaan Lomba tarik tambang antar SKPD dalam rangka HUT Kotamobagu ke 9

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kotamobagu ke 9 yang akan diperingati tepat pada 23 Mei 2016 nanti, rupanya akan dijadikan momentum untuk membangkitkan kembali budaya MOngondow yang saat ini kian tergerus oleh perubahan zaman. Terbukti, dalam rangka memperingati HUT Kotamobagu ke 9 tahun ini, Pemkot Kotamobagu semenjak beberapa hari lalu telah menggelar sejumlah lomba yang mencerminkan kebudayaan. Rabu (18/05/2016) siang tadi misalnya, di lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu terlihat beberapa Aspartur Sipil Negara (ASN) yang merupakan perwakilan dari jajaran SKPD tengah melakukan lomba tarik tambang dan beberapa perlombaan lainnya. “Selain lomba seperti ini ada juga lomba kuliner tradisional Mongondow, bintang vocalia, lomba sajak Mongondow dan beberapa perlombaan lainnya,” ujar Ketua Panitia HUT Kotamobagu ke 9 Agung Adati ST, lewat Seksi Bidang Seni dan Pementasan Budaya, Toni Ponongoa.

Pantauan langsung beritatotabuan.com, di lapangan tersebut telah digelar perlombaan berupa permainan tradisional Bolaang Mongondow, diantaranya Gasing yang terbuat dari kayu itu mana yang berputar yang paling lama itu maka dialah yang menang

Pisikan yang terbuat dari Tempurung Kelapa yang sudah di ukir itu. Dilihat mana yang punya poin lebih banyak saat dilempar. Lalu ada Langkadan atau (Engrang) yang berjalan menggunakan bambu, yang mana lebih dulu sampai maka dialah yang menang dan juga tarik tambang. (fitra/jun)

Tags:
author

Author: