Motto Leluhur Jadi Inspirasi Tema Pilkada di Bolmong

Bagikan Artikel Ini:
Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel

Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bolmong yang akan dihelat tahun ini, bakal berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, KPU Bolmong untuk hajatan demokrasi lima tahunan kali ini, akan mengusung tema Pilkada  Bermartabat, Beradab, Beradat. Hal itu dikatakan oleh

Ketua Divisi Sosialisasi KPU Bolmong Daendels Somboadile mengatakan kalau hal tersebut sudah melalui kajian interen dari pihaknya. “ Namun demikian, kita tetap membuka masukan untuk warga atas tema yang diangkat tersebut,” ujar Daendels, Selasa (03/05/2016) kemarin.

Ditambahkan olehnya, tema tersebut lahir dari latar belakangan daerah Bolaang Mongondow yang merupakan wilayah eks kerajaan, dengan adat istiadat yang tinggi. ‘Banyak peninggalan leluhur seperti perjanjian Paloko Kinalang yang bisa dijadikan rujukan dalam pelaksanaan Pilkada nanti,” tambahnya.

Tema tersebut, masih menurut Daendels cukup tepat diangkat, mengingat tradisi Bolaang Mongondow dalam hal ini Bobahasaan yang dipekuat dengan motto leluhur yakni Mototabian, Mototanoban dan Motototompiaan. “Jika motto leluhur serta tradisi Bolaang Mongondow diangkat dan dihayati dengan baik oleh seluruh kontestan pilkada dan pendukungnya, tentu proses pelaksanaan Pilkada nanti kami yakin akan berjalan aman sesuai dengan yang diharapkan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bolmong, Fahmi Gobel mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Focus Grup Discussion untuk membahas tema tersebut, sebelum kemudian ditetapkan. “Diskusi yang akan digelar nanti bermaksud untuk ada pengembangan dari tema tersebut, sehingga kedepan ketika ditetapkan benar-benar bisa ditaati oleh seluruh elemen masyarakat,” tutupnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.