ADV2 ADV2

Pemprov Sulut Penentu Tapal Batas Boltim dan Mitra

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Tapal Batas

Ilustrasi Tapal Batas

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM— Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara diserahkan sepenuhnya untuk memutuskan tapal batas antara Kabupaten Bolmong Timur dan kinahasa Tenggara. Keputusan tersebut diambil setelah dua daerah bertetangga itu tidak menemui kata sepakat soal tapal batas diandata kedua wilayah tersebut. “Ya, keputusan mengenai batas Boltim dan Minsel kini ditangan Pemprov Sulut,” ungkap Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Suharto Paputungan.
Paputungan menambahkan tidak adanya titik temu antara dua daerah tersebut, dikarenakan  Titik Koordinat (TK) peta batas wilayah milik Pemkab Minsel masuk wilayah Boltim. Bahkan dikabarkan dua TK tersebut mengintari bagian kawasan Danau Mooat yang merupakan kawasan destinasi wisata andalan masyarakat Boltim.  “Kami tidak sepakat dengan peta wilayah milik Pemda Minsel, sebab TK 01 dan 02 bergeser masuk di kawasan danau lalu menyusuri sungai Kokapoi. Padahal kawasan danau sepenuhnya adalah milik Boltim, jika merujuk pada kesepakatan batas wilayah pada masa Gubernur AJ Sondakh silam,” tuturnya.

Paputungan mengaku kalau pihaknya siap menerima keputusan dari pemprov. “Kita sudah menandatangani kesepakatan jika masalah batas diambil alih pemrov. Sehingganya, antara dua daerah tidak keberatan saat keputusan ditentukan nanti,” tutupya. (Mon77)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.