Pencairan Dana Desa 2016 Diminta Dipercepat

Bagikan Artikel Ini:
Hi Salihi Mokodongan

Hi Salihi Mokodongan

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG –Keterlambatan pencairan dan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2015 silam telah mengakibatkan sejumlah desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hampir tak menikmati dana tahap dua dan tiga. Berkaca pada pengalaman tersebut, Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan meminta proses pencairan 60 % Dana Desa saat ini harus dipercepat mengingat dana desa dari APBN sudah berada di rekening daerah. “Kalau bisa sebelum akhir bulan ini sudah ada yang dicarikan. Sebab, bila dana desa tersebut dimanfaatkan dengan baik, akan mampu menopang pembangunan infrastruktur di desa,” ucap Salihi,

Dikatakanya, untuk mempercepat peyerapan anggaran program pemerintah pusat tersebut, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan pihak Desa harus bersinergi. “Instasi terkait harus mendorong Desa, biar cepat merampungkan dan memasukan dokumen persyaratan pencairan dana desa, ucap pria yang dikenal dengan sapaan singkat SBM itu.

Salihi pun menegaskan kalau dirinya akan mengawasi dengan ketat proses pencairan dana desa tersebut, agar bisa termanfaatkan dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat desa. “Jangan sampai kejadian di tahun 2015 terulang kembali. Itu bisa dijadikan pengalaman. Makanya, seluruh kekurangan di tahun 2015 segera diperbaiki, agar dana tersebut bisa segera dicarikan, dan proses pembangunan di desa dapat dilakukan dalam waktu dekat,” tutupnya. (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.