ADV2 ADV2 ADV2

Pengembangan Agrowisata Kopi Berpotensi Tambah PAD

Share This:

Ilustrasi Petani Kopi

Ilustrasi Petani Kopi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo) Kotamobagu memberikan dukungan penuh atas terobosan yang dilakukan Dinas Pertanian Perternakan Perikanan Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DP4-KP) yang akan menjadi Kopi Kotamobagu sebagai salah satu agrowisata. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishubbudparkominfo Kotamobagu Agung Adati ST MSi, lewat sekretarisnya, Hendra Makalalag saat mengikuti kegiatan sosialiasi pengembangan agrowisata kopi di aula DP4KP Kotamobagu. “Sebagai langkah awal kami mengusulkan agar dalam waktu dekat dilakukan studi pembangunan agar kebijakan strategis yang diambil sudah sesuai dengan kajian teknis di lapangan,” ucap Hendra, Kamis (19/05/2016) kemarin.

Hendra mengatakan pengembangan kopi menjadi kawasan agrowisata memiliki potenmsi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat dimaksimalkan kedepan. “Tentunya ini harus di Perdakan agar memiliki payung hukum yang kuat dalam menarik PAD,” tambahnya.

Selain itu, masih menurut Hendra hal yang harus dilakukan kedepan adalah perbaikan infrastruktur perhubungan darat seperti jalan perkebunan yang harus ditingkatkan. “Setelah itu dilakukan, pengusaha harus digandeng agar masyarakat petani yang menghasilkan kopi ini bisa mengetahui kemana hasil perkebunan tersebut bisa dijual untuk kemudian diolah menjadi Kopo khas Kotamobagu,” tutupnya. (mg1/jun)

 

Tags:
author

Author: