ADV2 ADV2 ADV2

Telinga Kanan Ternyata Lebih Bagus Menelaah Informasi, Ini Penjelasannya

Share This:

Ilustrasi

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, – tahu nggak, ternyata mendengar dengan telinga kanan jauh lebih baik. Sebab, dalam penelitian yang dilakukan di Italia ditemukan kalau orang akan lebih bagus menerima informasi melalui telinga kanan mereka. Penelitian ini sendiri diyakini sebab sisi kiri bagian otak kita dinilai lebih baik memproses sebuah informasi. Penemuan ini sendiri telah dilaporkan lewat jurnal online Naturwissenschaffen.

Pada penelitian itu, yang pertama dilakukan adalah meneliti sekitar 286 pengunjung klib dansa saat mereka berbincang, di tengah kerasnya music. Dimana, dari situ ditemuka 72 persen interaksi mereka terjadi di sisi kanan pendengaran.

Menguatkan penelitian yang pertama, pada penelitian berikutnya didekati 160 pengunjung klub music. Dimana, dalam kegiatan para pengunjung itu, mereka membisikkan sesuatu yang kurang bermakna, sambil menunggu respon dari para pengunjung klub music tersebut. Hasilnya, 58 persen diantara mereka menawarkan kuping kanan kepada para peneliti, sementara sisanya menawarkan kuping kiri mereka.

Uniknya, pada penelitian ketiga, para peneliti tersebut berbicara pada 176 pengunjung klub music untuk meminta rokok lewat telinga kanan maupun telinga kiri. Hasilnya, mereka yang membisikkan untuk meminta rokok pada telingan kanan pengunjung ternyata mendapatkan lebih banyak rokok dari mereka yang membisikkan lewat telingan kiri.

Dari situ diambil kesimpulan kalau berbicara pada kuping bagian kanan mampu mengirim pesan lebih efektif pada otak yang sifatnya lebih sensitive. Lebih menarik lagi, kesimpulan ini ternyata sejalan dengan hasil dari penelitian otak kanan dan kiri yang dilakukan pada spesialis otak.

Salah seorang Profesor dari Institut Ilmu syaraf Cognitif di Universitas College London,  Shopie Scott menyepakati kesimpulan tersebut. “Sebagian besar kita memang memproses perkataan di bagian kiri orak, namun demikian tidak semua yang didengar oleh telinga kanan diproses oleh sisi kiri otak,” ucapnya. (*)

Tags:
author

Author: