Pj Bupati Dorong Pembentukan BUMDes

Bagikan Artikel Ini:
Pj Bupati Dorong Pembentukan BUMDes

Penjabat bupati Bolmong saat memimpin rapat sosialiasi tentang BUMDes

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Peningkatan sector perekonomian desa rupanya mendapat perhatian serius dari Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Adrianus Nikson Watung SH. Terbukti, guna memaksimalkan hal tersebut, Pj Bupati dorong pembentukan BUMDes di setiap desa yang ada di Kabupaten Bolmong. Ini tercermin dari kegiatan yang dilakukan Nikson Kamis (28/07/2016) kemarin dengan menggelar rapat bersama dengan jajaran Camat,dan Sangadi dalam rangka sosialiasi tentang Badan usaha Milik Desa (BUMDes) yang mulai akan dibentuk di setiap desa di wilayah itu. “Program BUMDes ini merupakans alah satu dari agenda Nawacita pemerintah pusat, dengan membangun Indonesia dari wilayah pedesaan guna menguatkan kerangka perekonomian masyarakat,” ucap Nikson dalam acara yang digelar di aula Asisten bidang Administrasi dan Umum Pemkab Bolmong itu.

Dalam sosialiasi tersebut, Nikson menjelaskan kalau BUMDes sendiri merupakan badan usaha yang sebagian besar modalnya merupakan milik desa, dimana hal tersebut akan dikelola sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat desa. “Pembentukan BUMDes ini nanti diperlukan payung hukum berupa peraturan desa dengan mempertimbangkan sejumlah factor terutama potensi usaha, sumber daya alam, serta sumber daya manusia yang ada di desa itu,” tambahnya.

Nikson berharap rapat tersebut bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah Kecamatand an Desa degan membentuk BUMDes di setiap desa yang ada di wilayah Bolmong. Dimana, hal ini menurutnya akan ikut menguatkan pondasi ekonomi masyarakat desa. “Lebih dari itu, BUMDes akan menjadi salah satu indicator berhasilnya pengelolaan potansi yang ada di desa, sehingga dapat berdampak positif bagi pembangunan desa tersebut,’ tutupnnya. (jun)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.