ADV2 ADV2 ADV2

Pelajar Jadi Target Sosialisasi Politik Pintar Oleh KPU

Bagikan Artikel Ini:
Pelajar Jadi Target Sosialisasi Politik Pintar Oleh KPU

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Pendidikan politik terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow. Ini terbukti dengan masuknya segmen pelajar jadi target sosialiasi politik pintar oleh KPU, dimana menurut Ketua  Divisi SDM dan Sosialisasi KPU Bolmong, Daendels Somboadile, pendidikan politik harus ditanamkan sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pembangunan demokrasi. Dalam perhelatan Pilkada Bolmong 2017, KPU Bolmong berencana akan masuk ke sekolah mulai SMP dan SMU sederajat memberikan pendidikan politik sebagai sasaran pra pemilih. “Tujuannya agar sejak dini mulai ada kesadaran politik. Bila memungkinkan kita masuk ke sekolah dasar,” kata Daendels, di ruang kerja Selasa (23/08/2016).

Ditambahkan, segmen pemilih pra pemula ini nantinya akan diberi pengetahuan tentang politik. Sehingga, saat memasuki usia hak memilih, mereka (siswa/siswi, red) sudah memahami tujuan berdemokrasi. “Kita tanamkan politik itu sejak dini,” tambah Daendels,

Dijelaskansasaran lainnya anak-anak ini juga yang akan menjadi duta demokrasi di keluarga dan lingkungan terdekat. Nantinya, mereka akan diajarkan tentang mengingatkan minimal kepada orang tua dan keluarganya agar datang ke TPS untuk memilih. “Sosialisasi kepada pra pemilih pemula ini akan efektif, dalam rangka peningkatan partisipasi,” tambah Daendels.

Dijelaskan lagi, secara psikologis menanamkan hal baik untuk usia dini akan sulit dilupakan. Jadi, kita akan coba memberi pengetahuan kepada anak sekolah. “Kami yakin, hal ini akan efektif dalam rangka memenuhi target delapan puluh dua persen partisipasi pemilih,” jelas Daendels.

Ketua KPU Bolmong, Fahmi G Gobel menambahkan, akan berkoordinasi dengan pihak Diknas Bolmong, untuk meminta izin sosialisasi di sekolah-sekolah. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.