BPBD Bolmong Terus Siaga Antisipasi Bencana

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, BPBD Bolmong Terus Siaga Antisipasi BencanaBOLMONG – Langkah sigap terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong untuk mengantisipasi serta menanggulangi bencana yang kerap terjadi di waktu-waktu yang sulit diprediksi. Betapa tidak, setelah sebelumnya mengerahkan Tim rekasi Cepat (TRC) ke Desa Poigar akibat adanya rumah yang rusak diterjang ombak, belum lama ini instansi dibawah kepemimpinan Ir Channy Wajong tersebut mengerahkan pasukan TRC ke Desa Komangaan Kecamatan Bolaang. Hal tersebut menyusul dengan longsor serta pohon tumbang yang terjadi di ruas jalan tersebut akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu.

 “Begitu informasi dari warga masuk, kita langsung merespon dengan menurunkan 5 personil TRC (Tim Reaksi Cepat) beserta peralatan untuk melakukan asessment (penilaian) dan mengkondisikan bencana tanah longsor disertai pohon tumbang,” ujar Channy.

Untuk memaksimalkan waktu penanganan darurat tersebut, BPBD dibantu masyarakat dengan 1 unit alat berat loader guna membersihkan material longsor ini. “Sehingga jalur transportasi dibuat sistem buka tutup untuk pembersihan longsor ,” katanya.

Tak berselang lama katanya, material longsor sudah dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal. “Ini berkat kerja sama dengan stakeholderdan masyarakat setempat proses pembersihannya berjalan  lancar,” katanya.

Dirinya pun menghimbau, untuk mengantisipasi kemungkinan longsor susulan, kepada para pengguna jalan yang akan melintasi ruas jalan tersebut, agar lebih meningkatkan kewaspadaan. “Karena diperkirakan cuaca ekstrim untuk wilayah Bolmong, masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan,” tutupnya. (mg2/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.