ADV2 ADV2 ADV2

Pemkab Bolmong Timur Bakal Miliki Data Geopasial

Bagikan Artikel Ini:
Pemkab Bolmong Timur Bakal Miliki Data Geopasial

Iksan Pangalima

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur belum lama ini melakukan penanda tanganan nota kesepahaman bersama dengan Badan Informasi Geopasial (BIG). Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bappeda Bolmong Timur Iksan Pangalima seraya mengatakan kalau data geopasial tersebut sangat penting bagi perencanaan pembangunan di daerah.  “Lewat data geopasial yang didapat, bisa digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan termasuk mempermudah penetapan batas suatu wilayah dan terkoneksi langsung dengan geoportal nasional,” terangnya.
Ia menyebutkan, pemanfaatan geospasial dalam perencanaan pembangunan di daerah mengacu pada Undang-Undang (UU) Nonor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial. “Pasal 1 hingga 4 menerangkan, spasial adalah aspek keruangan suatu objek atau kejadian yang mencakup lokasi, letak, dan posisinya,” tuturnya.
Dikatakannya, selain itu guna menunjang perencanaan pembangunan, tahun ini melalui instansi terkait telah menganggarkan pembuatan peta satelit. “Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) menganggarkan pembuatan peta citra satelit resolusi tinggi skala 1:5000,” bebernya. (Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.