ADV2 ADV2 ADV2

Pesta Adat Tulude Bakal Dipusatkan di Matongkad

Share This:

Pesta Adat Tulude Bakal Dipusatkan di Matongkad

Sekda Bolmong Timur, Ir Muhammad Assagaf

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pesta adat khas warga Sangihe yakni Tulude, dipastikan, Kamis (02/02) hari ini, akan digelar oleh Pemkab Boltim bersama warga Nusa Utara. Informasi yang didapat kalau acara tersebut rencananya akan digelar di Kecamatan Matongkad, khususnya di Desa Jiko. “Tulude sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah bersama warga Nusa Utara yang kini menjadi penduduk Boltim,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Muhammad Assagaf, beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, tradisi Tulude merupakan ungkapan syukur warga Nusa Utara yang kini menetap di bagian pesisir Boltim. “Ini bukti bahwa tak ada yang dianaktirikan di Boltim. Semua suku berbaur menjadi warga Boltim,” terangnya.
Assagaf berharap, semua warga Suku Nusa Utara yang ada di Boltim, ikut terlibat dalam mensukseskan acara tersebut.  “Acara tulude merupakan salah satu bentuk keragaman budaya di Boltim. Tulude sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan agar senantiasa dilindungi,” jelasnya.
Selain itu, menurutnya, kegiatan Adat Tulude merupakan tradisi masyarakat untuk menolak bala dan marabahaya. “Suku Sangihe yang kini mendiami Boltim jangan berkecil hati karena kita semua pemilik daerah ini,” jelasnya.
Terpisah,  kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Riski Lamaluta mengaku,  tradisi Tulude menjadi ajang tahunan yang mempromosikan sektor budaya dan keragaman yang ada di Boltim.  “Kita sangat mendukung,  dan kita harapkan kedepan.  Akan ada beragam kegiatan budaya yang di pusatkan di Boltim,” ujar Lamaluta. (Mon77)

author

Author: