Ribuan Sapi di Bolsel Ditargetkan ‘Bunting’

Bagikan Artikel Ini:
Ribuan Sapi di Bolsel Ditargetkan ‘Bunting’

Sugeng Puruwono

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Program pemerintah pusat untuk menggenjot populasi sapi di Indonesia, rupanya mulai dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bolsel Ir Sugeng Puruwono kepada beritatotabuan.com, Senin (06/02/2017) kemarin, seraya mengatakan kalau saat ini mereka tengah menjalankan program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting), sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian belum lama ini di Jakarta. “Target dari kementerian pertanian, 3juta ekor sapi di Indonesia wajib bunting. Untuk Bolsel sendiri dari data yang ada ditargetkan ada 1200 sapi yang akan menjalani program ini,” ucap Sugeng.

Sugeng mengatakan, program tersebut menyasar sapi milik warga. Dimana, pihaknya menyediakan sejumlah peralatan serta vaksin untuk mencapai hal itu. “Ada tenaga ahli kami yang sudah disiapkan untuk memberikan vaksin terhadap sapi-sapi milik warga itu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat program ini bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Untuk jenis sapi yang akan menjalani program itu, dikatakan Sugeng dari petunjuk yang diterima mereka, terdapat 3 jenis sapi. “Selain sapi bali, ada juga Sapi jenis Brahman dan Sapi Peranakan Ongole,” tutupnya. (hamka taamole/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.