Sumardia Dukung Rencana Pembuatan Perda Perayaan Tulude di Boltim

Share This:

Sumardia Dukung Rencana Pembuatan Perda Perayaan Tulude di Boltim

Suasana perayaan Tulude di Boltim

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Rencana Pemkab Bolaang Mongondow Timur untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang perayaan Tulude di daerah tersebut, sebagaimana keinginan warga Boltim yang berasal dari Nusa Utara, mendapatkan dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Bolmong Timur, Sumardia Modeong.

Menurut Sumardia, tradisi tulude dirayakan masyarakat suku Nusa Utara tiap tahun, sudah menjadi bagian dari budaya di Boltim. “Sah-sah saja, sebab warga suku Nusa Utara yang mendiami wilayah pesisir  adalah bagian dari masyarakat Boltim,” tutur Modeong.

Tradisi tulude, kata dia,  harus dibudayakan untuk mendukung sektor pariwisata. “Ini menjadi tugas kita untuk memberdayakan budaya yang ada di Boltim. Untuk memperkuat itu tentu ada prodak hukum seperti Perda yang mendukung,” terang Modeong.

Ia mengatakan, Perda tradisi tulude bisa diperjuangkan tahun ini. “Bisa saja kita masukan tradisi Tulude dalam Rancangan Perda Adat yang sudah masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun ini,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Boltim ini. (Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.