Dinkes Kotamobagu Himbau Warga Waspada DBD

Bagikan Artikel Ini:

 

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Curah hujan yang tinggi di Kotambagu beberapa hari lalu, serta tidak menentunya cuaca belakangan ini membuat Dinas Kesehatan Kotamobagu mengeluarkan himbauan ke warga yang ada di daerah itu, untuk bisa mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue. “Kami menghimbau warga untuk mewaspadai penyebaran penyakit DBD. Mengingat tingginya curah hujan, serta bisa tergenangnya air di pekarangan rumah,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kotamobagu Ahmad Yani Umar.

Dirinya menambahkan, kalau genangan air yang kerap didapati di sekitar lingkungan berpotensi untuk perkembang biakan nyamuk. “Untuknya, kami meminta warga agar bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Perhatikan pekarangan rumah, bersihkan genangan air yang ada, sehingga bsia mencegah perkembang biakan nyamuk,” tambahnya.

Yani berharap agar pola 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur) bisa diterapkan oleh warga Kotamobagu. “Kuras air yang ada di tempat penampungan, tutup rapat penampungan air dan kubur barang-barang bekas yang bisa menampung air dan tidak lagi digunakan agar nyamuk sulit untuk berkembang biak. Lagipula fogging yang kita lakukan hanya bisa memberantas nyamuk dewasa, sementara jentiknya hanya bisa diberantas dengan pola 3M tersebut,” tutupnya.(mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.