Pemkab Boltim Bakal Gelar Uji Kelayakan ke Calon Aparat Desa

Bagikan Artikel Ini:

 

 

Amin Musa

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Untuk meningkatkan kualitas kerja para perangkat desa dalam rangka menjalankan roda pemerintahan desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal melakukan  uji kelayakaan kepada para calon aparat desa. Menurut Asisten I Bidang Pemerintah Pemkab Boltim, Amin Musa, hal tersebut perlu dilakukan guna menyeleksi calon  perangkat yang berkualitas dan mempunyai kompentesi manajemen pemerintahan desa. Selain itu, perangkat desa dituntut mampu dan paham betul tentang manajemen keuagan. Apalagi dana desa yang akan mereka kelolak angkanya menyentuh 1 miliar rupiah. ”Tidak gampang mengelola dandes. Untuk itu dibutuhkan aparat yang berkualitas. Sangadi diminta jangan  sembarag memilih perangkatnya”, katanya, kemarin.

Selanjutnya, pihakanya saat ini sementara mendata calon perangkat desa yang akan ikut uji kelayakan.”Pendetanan sementara dilakukan. Desa-desa mana yang akan mengusulkan calon perangkatnya untuk ikut uji keayakan”, ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, untuk waktu pelaksaan uji kelayakan ia masih menunggu usai pendataan calon perangkat desa.”Waktunya, usai di data nama-nama calon peserta”, katanya.

Amin mengatakan, tujuan dilakukan kegiatan tersebut hanya sebatas menguji para calon perangkat desa. Pihaknya tidak akan menentukan posisi jabatan bagi calon aparat desa,  karena itu ranahnya kepala desa (Sangadi).”Kita hanya memberikan nama-nama calon aparat yang lolos uji kelayakan. Selanjutnya  hak sangadi yang menunjuk mana-mana orang yang layak menjabat sekretaris desa, dan posisi jabatan lainya di desa yang mereka pimpin,” jelasnya. (mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.