ADV2 ADV2

Pantun Mongondow dan Itum-Itum Mulai Dilombakan

Bagikan Artikel Ini:

 

Pembukaan Festival Seni dan Budaya Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Festival Seni dan Budaya Kotamobagu, Senin (08/05/2017) siang tadi resmi digulir oleh Pemkot Kotamobagu. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Bambang Irawan Ginoga mengatakan kalau dalam festival tersebut akan digelar berbagai lomba yang bertemakan seni  dan budaya. Bahkan, menurutnya Pantun Mongondow (Salamat) dan Itum-Itum juga akan ikut dilombakan. “Ini digelar dalam rangka HUT Kotamobagu ke 10, dan juga sebagai upaya pelestarian khazanah budaya MOngondow di Kotamobagu,” ujar Bambang saat dihubungi beritatotabuan.com, lewat telepon seluler miliknya.

Bambang juga mengatakan, kalau festival tersebut terbuka untuk umum. Dimana, setiap orang maupun kelompok bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti festival itu. “Jadi siapapun dia, dari kelompok mana pun bisa mengikuti kegiatan ini. Dari TNI/Polri, SKPD, dan para budayawan bisa ikut dalam kegiatan itu. Bahkan, masyarakat biasa dan wartawan pun dibuka kesempatan,” tambahnya.

Soal lokasi yang dipilih terkait festival tersebut yakni di Gedung Bobakidan, Bambang mengatakan kalau pemilihan lokasi itu sudah melalui pertimbangan yang matang. “Lokasi Gedung Bobakidan sangat sentral, sehingga masyarakat lebih mudah mengaksesnya. Dengan sentralnya lokasi tersebut tentunya kami harapkan gaung budaya kemongondowan akan mulai menggema di Kotamobagu,” tutupnya. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.