Besok, Motoboi Besar Gelar Hari Raya Binarundak

Bagikan Artikel Ini:

 

Zulvan Pombaile

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kelurahan Motobis Besar Kecamatan Kotamobagu Timur, berencana akan menggelar hgari raya binarundak, usai peringatan Idul Fitri 1438 Hijriah, tahhun 2017 ini. Hal ini dikatakan oleh Lurah Motoboi Besar Zulfan Pombaile kepada sejumlah awak media.

“Rencananya kegiatan ini akan digelar Kamis besok. Dimana, ini merupakan tradisi untuk mempererat tali silaturahmi serta ajang maaf memaafkan bagi seluruh warga Motoboi Besar yang ada di Kotamobagu maupun yang telah merantau,” ujar Zulfan.

Zulfan menambahkan, biasanya pada saat Idul Fitri seluruh warga asal MOtoboi besar berkumpul di rumah sanak saudaranya. Dimana, memanfaatkan momentum itu, mereka pun mulai mentradisikan perayaan hari raya Binarundak (nasi jaha). “Jadi sebelum yang dirantau kembali ke tempat perantauan mereka, kita menggelar acara ini untuk lebih mempererat persaudaraan. Tradisi ini sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan,” tambahnya.

Masih menurut Zulfan, proses perayaan hari raya binarundak itu sendiri digelar secara individu maupun berkelompok oleh warga Motoboi Besar. “Jadi seluruh warga Kotamobagu maupun diluar Kotamobagu yang ingin bersilaturahmi bisa datang, dan menikmati sajian khas binarundak di perayaan ini,” tutupnya. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.