Bulan Ini, Legislator Boltim Mulai Nikmati Kenaikan Gaji

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekretaris DPRD Boltim, Priyamos SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –  Jika tidak ada aral melintang, kenaikan gaji anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, akan mulai diberlakukan pada bulan September 2017 ini. Ada pun total gaji dari 20 legislator Boltim tersebut mencapai Rp597 juta per bulan, tentunya angka ini naik secara signifikan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Boltim, Oskar Manoppo, mengungkapkan, angka tersebut sudah termasuk dengan tunjangan transportasi  kendaraan untuk anggota Dekab Boltim. “Sehingga para anggota Dekab yang melakukan pinjam pakai kendaraan dinas harus mengembalikan dulu kendaraan tersebut pemkab untuk di cek di bagian aset baru kita akan proses kenaikan gajinya,” ujar Oskar.

Lanjut Oskar menambahkan, setelah melakukan perhitungan sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) soal kualifikasi keuangan daerah dimana Kabupaten Boltim masuk dalam kategori daerah rendah. “Karena setelah dilakukan perhitungan, pendapatan asli daerah, DAU, dan bagi hasil dihitung dan dikurangi belanja pegawai tenyata kita masuk di kategori di bawah Rp 300 miliar. Sebelumnya sempat salah pehitungan kita masuk kategori sedang tapi itu sudah dengan DAK. Tapi tenyata DAK tidak dihitung. penentuan kategori itu berdampak pada penghitungan hak bagi anggota dan pimpinan Dekab,” jelasnya.

Terpisah, Sekertaris Dekab Boltim, Priyamos SH MM, membenarkan jika gaji para angota Dekab Boltim tersebut segera naik. Pihaknya menjelaskan saat ini proses untuk Peraturan Daerah (Perda) tersebut sedang dilakukan. “Prosesnya sedang dievaluasi oleh provinsi. Selanjutnya, ketika sudah diperdakan maka itu acuan membayar gaji,” tandasnya.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Boltim ini menambahkan, dengan kenaikan gaji yang cukup signifikan tersebut tentu harapan masyarakat para wakil rakyat ini dapat lebih memperjuangkan nasib masyarakat kesejateraan masyarakat. “Tentunya kinerja anggota dewan harus seiring dengan kenaikan gaji. Pasti itu harapan masyarat,” ungkap Priyamos.(mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.