DPRD Bolmut Dorong Pendidikan Disesuaikan Dengan Potensi Daerah

Bagikan Artikel Ini:

 

DPRD Bakal Buat Ranperda Tata Cara Perekrutan dan Pilsang

Abdul Eba Nani

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Anggota DPRD Bolaang Mongondow Utara,  Abdul Eba Nani memnta pemerintah setempat untuk mulai menyusun materi pendidikan yang selaras dengan potensi daerah untuk memudahkan penyerapan kerja para lulusan SMA atau SMK dan sederajatnya. “Perlu segera disusun muatan lokal pendidikan seperti mengenai kawasan pertanian, perikanan, dan kelautan, pariwisata serta potensi lain yang ada di Bolmut, agar lulusannya dapat diterima bekerja di perusahaan,” ujar personil Komisi I DPRD Bolmut tersebut.

Menurut dia, diperlukan adanya materi pembelajaran siswa yang selaras dengan bidang kerja tersebut mengingat potensi-potensi di Bolmut yang hingga saat ini belum maksimal dimanfaatkan. “Harapannya, materi pembelajaran itu bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan keterampilan yang diharapkan, contohnya meski hanya lulusan SMA atau SMK tapi keahlian mereka dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perikanan atau pariwisata,” tambah politisi muda PAN itu.

Dia menuturkan, dukungan Dukungan Pemerintah kabupaten (Pemkab) bukan pada soal anggaran melainkan harus meramu muatan lokal pendidikan yang berbasis pada kawasan potensi daerah dan kurikulum lokal. Selain itu, kata dia, Dewan Pendidikan juga harus segera dibentuk agar mengakomodir kepentingan penyelenggara pendidikan. “Sekolah-sekolah juga harus menemukan formulasi untuk mencetak alumninya agar bisa bekerja di perusahaan. Kami (DPRD) mendorong daerah agar menyesuaikan kurikulum pelajaran siswanya dengan karakter dan potensi kewilayahan sehingga dapat meningkatkan kompetensi dari para lulusannya,” tukasnya.(i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.