ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Puluhan Desa di Boltim Jadi Sasaran Pamsimas

Share This:

 

Fauzy Ambarak

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) 2016 – 2019, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim. Hal ini dikatakan langsung anggota Pokja AMPL Boltim, Fauzy Ambarak, pihaknya mengatakan saat ini program tersebut sudah masuk pada tahap III tahun ke- 2.”Program Pamsimas ini memberi kesempatan bagi desa untuk mendapatkan bantuan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan dan Sanitasi dalam rangka meingkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Fauzy.

Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Boltim ini mengatakan, program tersebut tersedia bagi desa yang belum pernah menjadi lokasi Pamsimas dan bukan wilayah pengembangan PDAM dalam dua tahun mendatang, yang mempunyai prioritas pembangunan air minum dan sanitasi. “Penentuan lokasi sasaran program ini berdasarkan seleksi usulan/proposal desa, dimana seleksi dilakukan untuk menyusun daftar prioritas desa yang layak memperoleh bantuan program Pamsimas dan memiliki komitmen untuk memelihara dan mengelola SPAM terbangun melalui swadaya masyarakat secara berkelanjutan,” tuturnya.

Fauzy menambahkan, Bantuan program Pamsimas dapat digunakan untuk salah satu pilihan yaitu, Desa Baru (pembangunan SPAM di desa yang belum memiliki SPAM), Pengembangan SPAM (pada desa yang telah memiliki SPAM dan masih berfungsi baik), optimalisasi SPAM (pada desa yang telah memiliki SPAM namun tidak berfungsi/berfungsi tidak optimal). “Besok (Hari ini, red) sosialisasi program pamsimas III tahun ke-2 di kantor Bappelitbang Boltim, yang akan dihadiri unsur Pokja AMPL Boltim, Unsur Kecamatan, dan para Sangadi beserta Ketua BPD di 30 desa,” tutupnya.(mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.