Dua Partai Politik di Boltim Terancam Tidak Bisa Ikut Pemilu

Bagikan Artikel Ini:

 

Iwan Tololiu

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Keberadaan dua Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Boltim, yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Republik, terancam dikenakan sanksi berupa Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai Parpol peserta Pemilu 2019 nanti. Hal ini dikarenakan, hingga batas pemasukan data anggota Parpol pada tanggal 16 Oktober 2017, kedua Parpol tersebut belum juga memasukan dokumen ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.

“Kita sudah memperpanjang batas waktu pemasukan data anggota Parpol sampai dengan waktu 1×24 jam pada hari ini (Kemarin, red), sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 585,” ujar Komisioner KPU Boltim Iwan Tololiu, kepada harian ini, Selasa (17/10) kemarin.

Iwan mengatakan, jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan dan kedua Parpol ini juga belum melengkapi data anggota tersebut, maka pihaknya tetap akan melanjutkan tahapan dengan melaporkan kedua Parpol tersebut ke KPU RI. “PBB dan Partai Republik ini sudah mendaftar di KPU RI, namun sesuai aturan harus juga memasukkan salinan data anggota Parpol ke KPU kabupaten, karena kita juga akan melakukan verifikasi terkait data yang telah dimasukkan ini,” tegasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Akhlis Aer, menambahkan saat ini sudah ada 14 Parpol di Boltim yang telah memasukkan data anggota Parpol ke KPU Boltim.  “Dokumen 14 Parpol ini sudah kita terima, untuk sementara sudah memenuhi ketentuan. Sejak dibukanya tahapan pemasukan data Parpol ini, hampir rata-rata berkasnya kita kembalikan untuk diperbaiki. Saat ini kita tinggal menunggu dua Parpol yang sudah terdaftar di pusat namun belum melakukan perbaikan data di daerah, tetapi karema sudah masuk di Sistem Informasi Parpol (SIPOL) maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menunggu,” tutup Akhlis.(mg3/Mon77)

Ini Daftar Parpol Yang Sudah Memasukan Dokumen di KPU Boltim Beserta Jumlah KTA.

  1. Partai Golkar 1559
  2. Partai Hanura 1211
  3. Partai Perindo 858
  4. Partai Gerindra 420
  5. PDI Perjuangan 390
  6. Partai Berkarya 193
  7. PAN 154
  8. Partai Nasdem 152
  9. PKS 150
  10. Partai Demokrat 147
  11. Partai Garuda 147
  12. PPP 126
  13. PKB 114
  14. PSI 110

 

Sumber KPU Boltim.

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.