ADV2 ADV2 ADV2

Pekan Ini, Dana Desa Bolsel Masuk RKUD

Share This:

 

Arvan Ohy

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL – Setelah melaporkan realisasi dan konsolidasi Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I ke Kementian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementrian desa (Kemendes) melalui aplikasi OnSpam olah Badan Keuangan daerah, Pelaksana harian (Plh) Sekertaris daerah (Sekda) Kabupate Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Marzansius Arfan Ohy SSTP memastikan pekan ini Dandes dan ADD tahap II akan masuk rekening kas umum daerah (RKUD). “Kita tinggal menunggu dana transfer masuk RKUD. Jika tidak ada perubahan, Jumat pekan ini dana transfer akan segera masuk RKUD,” ujar Arfan kemarin.

Untuk pencairan Dandes dan ADD, Bagian Keuangan tinggal menunggu permintaan pencairan dari masing-masing desa, sesuai rekomendasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). “Jika dokumen pengajuan pencairan dari masing-masing desa sudah masuk, maka daa akan ditransfer ke rekening kas umum desa (RKUDes),” kata Arvan.

Dituturkan Arfan, Alokasi Dana Desa (ADD) ada ketambahan sekira Rp 10,9 Miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017. “Setiap desa masing-masing harus melampirkan Ranperdes dan APBDes. Pada APBD-P setiap desa akan ketambahan sekira seratus juta rupiah,” sebut Arfan.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Deky Paputungan mengatakan, pekan ini juga pihaknya akan melakukan evaluasi APBDes perubahan masing-masing desa. “Evaluasi APBDes tidak menghabiskan waktu lama. Semua program sudah jelas. Kita tinggal melihat program apa yang belum sempat dibiayai tahap pertama,” terang Deky. (hamka taamole)

author

Author: