ADV2 ADV2

Wisata Pantai Batu Pinagut Mulai Tidak Terurus

Bagikan Artikel Ini:

 

Rahman Dontili

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Wisata Pantai Batu Pinagut yang merupakan kawasan andalan di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) nampak mulai tidak terurus. Kawasannya terlihat kotor dan fasilitas yang memperindah pun sudah ada beberapa yang rusak.

Hal itu pun membuat ketua Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rahman Dontili yang tinggal tak jauh dari lokasi wisata angkat bicara. Menurut dia, pihaknya prihatin dengan kondisi pantai Batu Pinagut saat ini. “Seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak hanya membiarkan destinasi wisata tersebut kotor dan terkesan terbengkalai,” ujarnya.

Dontili menambahkan, jika hal ini terus menerus dibiarkan oleh Pemkab, maka upaya promosi hingga ke tingkat nasional yang gencar dilakukan hingga saat ini akan sia – sia. “Percuma saja kita buang anggaran besar untuk peningkatan segala macam fasilitaspendukungnya kalau unjung unjungnya tidak terurus. Wisatawan lokal saja enggan datang kalau lokasinya kotor,” ketusnya.

Menaggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Bolmut, Sofianto Ponongoa mengatakan, jika semenjak pelaksanaan festival Batu Pinagut ini, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah bersepakat untuk bertanggung jawab penuh pada kebersihan dan keindahan kawasan wisata itu. “Setiap SKPD telah diberikan tanggung jawabnya masing-masing, guna mengawal kebersihan Kawasan Batu Pinagut tersebut. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah sudah menjadwalkan program bersih-bersih pantai pada hari Jum’at tertentu,” jelasnya.

Seharusnya, sambung Ponongoa, masyarakat dan Pemerintah Desa ikut ambil bagian dalam menjaga kebersihan, keamanan dan keindahan lokasi pantai itu. “Tanggung jawab ini jangan hanya dibebankan kepada Dinas Pariwisata saja, melainkan juga seluruh masyarakat dan terutama Pemerintah Desa yang ada di Kawasan Pantai Batu Pinagut itu. Dan hingga saat ini pun, Pemda terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana yang ada di sepanjang pantai itu,” kuncinya.(i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.