ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Bupati Ingatkan PT ASA Untuk Sejahterakan WARGA LINGKAR TAMBANG

Share This:

 

Bupati Sehan Landjar, bersama GM PT ASA Budi Santoso dan para pimpinan SKPD Boltim.

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM  – Bertempat di Balai Desa Bulawan II Kecamatan Kotabunan, Sabtu (09/12/2017) lalu, Bupati Boltim Sehan Landjar, mengahdiri langsung kegiatan konsultasi publik tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) PT Arafura Surya Alam (ASA).  Dari amatan media ini, kegiatan konsultasi publik AMDAL ini berjalan dengan sangat lancar, tertib dan berkesinambungan dengan dihadiri masyarakat yang ada dilingkar tambang.

Kegiatan ini, selain untuk pemenuhan Undang-undang (UU) nomor 32 tahun 2009, juga menjadi pengenalan dan pemahaman akan pentingnya dukungan dari berbagai aspek, pandangan, tanggapan, harapan, keinginan,  kebutuhan, dan sikap masyarakat terhadap rencana kegiatan yang akan dilakukan nantinya oleh perusahaan. Keterlibatan masyarakat dalam proses penyusunan AMDAL ini juga diatur dalam PermenLH nomor 17 tahun 2012. Banyak saran dan masukan dari masyarakat yg disampaikan saat konsultasi publik, antara lain cara penanggulangan pencemaran, rekrutmen,  relokasi lahan dan CSR.

Bupati Sehan Landjar dalam sambutannya mengatakan, pihaknya meminta PT ASA untuk dapat selalu mentaati aturan yang ada. Dirinya mengaku mendukung kehadiran perusahaan tersebut di wilayah Kotabunan. “Saya minta PT ASA agar dapat mensejaterahkan masyarakat yang ada dilingkar tambang, termasuk jika sudah memasuki tahap produksi, perusahaan harus mengutamakan warga sekitar untuk dijadikan karyawan,” tegas Sehan.

Sementara itu, Budi Santoso, selaku GM PT ASA mengatakan, bahwa tujuan perusahaan dalam melibatkan masyarakat dalam proses AMDAL tidak lain adalah agar masyarakat mendapatkan informasi mengenai rencana kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan. “Serta menyampaikan saran, pendapat, atau tanggapan atas rencana kegiatan tersebu. Dengan demikian Masyarakat dapat terlibat dalam proses uji kelayakan lingkungan dan izin lingkungan kegiatan tersebut,” ujar Santoso.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten dan Kepala SKPD Pemkab Boltim, Camat Kotabunan beserta Sangadi, BPD, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda yang ada dilingkar tambang.(mg3/Mon77).

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.