ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

PELATIHAN LEMBAGA ADAT Desa Bigo ‘Curi’ Perhatian DPRD Bolmut

Share This:

 

Anggota DPRD Kabupaten Bolmong Utara, Yanti Harundja

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Kegiatan pelantihan bagi para apparat lembaga adat yang digelar oleh pemerintah Desa Bigo mendapatkan perhatian dari anggota DPRD Kabupaten Bolmong Utara, Yanti Harundja. Kepada beritatotabuan.com, Yanti memberikan apresiasi atas inisiatif yang digelar oleh pemerintah desa bigo tersebut. “Ini merupakan hal yang positif. Sebab, dengan pelatihan seperti itu bisa menghasilkan petugas lembaga adat yang profesional serta berkelanjutan,” ujar Yanti.

Dirinya pun mengatakan kalau proses pelatihan itu diharapkan bisa terus digelar, sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan adat-istiadat di daerah itu.

Sementara itu, Sangadi (Kepala Desa, red) Bigo, Waris Tanaijo saat dikonrfimasi oleh awak media ini mengatakan, bahwa ini Pelatihan Lembaga Adat adalah merupakan program kerja yang telah tertata di Anggaran Pendapatan Dan  Belanja Desa  tahun anggaran 2016  dan ditelah direalisasikan pada tahun 2017. “Pelatihan lembaga adat ini diikuti oleh delapan peserta dari Dusun satu, dua, dan tiga yang ada di wilayah Pemerintahan Desa (Pemdes Bigo),” ungkap Waris.

Dirinya mengatakan, pelatihan itu sendiri berisi materi tentang tata cara membawakan penggunaan bahasa adat yang resmi baik disetiap kegiatan di desa tersebut yang memerlukan petugas lembaga adat. “Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 12 sampai dengan 13 Desember 2017,” tuturnya. (i-one)

author

Author: