Pentingnya Fisioterapi di Lingkungan Masyarakat

Share This:

Oleh : Putri Febriyanti Ghani *

Mungkin kalian baru mendengar kata “Fisioterapi” atau yang sering kalian dengar Fisioterapi itu seperti tukang pijat. Jadi, Fisioterapi bukan seperti yang kalian pikirkan “Kenapa begitu ?”. Nah, sebelum anda mengetahui tentang Fisioterapi itu seperti apa. Terlebih dahulu kalian harus tahu apa “Fisioterapi” itu ? Jadi, Fisioterapi adalah Ilmu yang menitikberatkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak, yang mendiagnosis dan menangani individu di segala usia, mulai dari bayi yang baru lahir hingga lansia. “Kenapa Fisioterapi sangat dibutuhkan?”. Karena, Fisioterapi melakukannya dengan menggunakan terapi yang berbeda-beda. “Kenapa tidak ke Dokter spesialis saja kenapa harus ke ahli Fisioterapi, Apa perbedaan antara dua profesi itu?”. Nah, perbedaan terbesarnya itu terletak pada pendidikan dan pelatihannya. Tetapi, ada aspek lain yang membedakan seorang dokter dan fisioterapi. Yaitu, Seorang dokter medis yang secara hukum memenuhi syarat untuk mengeluarkan resep medis sementara seorang fisioterapis tidak memiliki kelayakan ini.

Berbeda dari fungsi utama dari seorang dokter yang meresepkan obat, seorang fisioterapis lebih cenderung ke dalam menyediakan program pengobatan yang ditargetkan untuk mengembalikan kapasitas fungsional pasien. “Dimana lapangan kerja Fisioterapi?”. Apabila dikaitkan dengan lapangan pekerjaan, seorang fisioterapi dapat bekerja pada tempat pelayanan fisioterapi yang dapat dilakukan. Namun, secara garis besarnya seorang fisioterapi dapat bekerja di tiga bidang seperti : (1). Peneliti, Fisioterapi sebagai peneliti adalah fokus utama dari seorang fisioterapi bekerja dalam bidang penelitian, mengembangkan ilmu-ilmu fisioterapi sehingga dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Tentunya sebagai seorang peneliti harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada. Misalnya, fisioterapi lulusan S1 sampai dengan S2; (2). Pendidik, Dosen adalah pendidik yang dimaksudkan yang mengajarkan ilmu fisioterapi kepada mahasiswa. Seorang fisioterapi dapat menjadi pendidik, untuk menjadi seorang pendidik tentunya juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada. Jenjang pendidikan minimal adalah S2 fisioterapi; dan (3) Praktik Mandiri, Untuk membuka praktik mandiri, seorang fisioterapi harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki SIF dan SIPF.

“Penyakit dan keluhan-keluhan apa saja yang dapat Fisioterapi obati?”. Nah, Fisioterapi ini sendiri dapat membantu masyarakat yang mengalami penyakit ringan pada sendi dan otot, atau sesuatu yang lebih serius. Berdasarkan ruang lingkup pelayanan fisioterapi dan tuntunan kebutuhan masyarakat dari berbagai keluhan masyarakat, Seperti : Fisioterapi Kesehatan wanita, Fisioterapi Tumbuh kembang anak, Fisioterapi Kesehatan dan keselamatan kerja, Fisioterapi Usia lanjut (Lansia), Fisioterapi Olahraga, Fisioterapi Kesehatan Masyarakat dan Fisioterapi pelayanan medis (Muskulokeletal, Kardiovaskulopulmonal, Neuromuskular, dan Integument). Cara pelaksanaan praktiktiknya, di sini kami Fisioterapi melaksanakan praktik yang berwenang untuk melakukan tindakan assesment terlebih dahulu ke masyarakat yaitu suatu proses yang untuk mengetahui keluhan-keluhan apa saja yang terjadi dengan pasien, diagnosa yang merupakan hasil dari penilaian tersebut sudah ada baik itu ringan/serius kita berahli ke Perencanaan yang di mana kita melakukan suatu rencana untuk mengobati seseorang/pasien itu. Pengobatannya berdasarkan kebutuhan pasien baik pasien itu mau di obati secara konvesional atau yang lainnya. Setelah dari pengobatan tersebut para fisioterapi memeriksa/melakukan evaluasi kembali jika pasiennya sudah benar-benar sehat atau belum. Jika sudah sehat, dilakukan tindakan yang lebih lanjut lagi seperti menyarankan untuk datang memeriksa lagi atau sebagaimananya tindakan dari Fisioterapi itu tersebut.

Maka dari itu, Fisioterapi ini penting sekali dalam lingkungan masyarakat. Karena menggunakan pengobatan yang jauh berbeda dari yang kalian pikirkan. Ketika sakit parah bahwa manusia membutuhkan bantuan Fisioterapi yang telah melalui penilaian kalian dan bisa melihat bahwa ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk membantu kalian dalam penyembuhan/meringankan rasa sakit kalian. Saran bagi pasien/masyarakat untuk mengobati penyakit-penyakit, agar selalu memberikan dukungan dalam latihan, sehingga dalam proses penyembuhan, pasien merasa semangat untuk melakukan latihan di rumah. (#)

 

  • Penulis Adalah Mahasiswa Progtam Studi Fisioteraphy Pada Universitas Muhammadiyah Malang

 

author

Author: