ADV2 ADV2 ADV2

Pemkab Bolmong Hadiri RAPAT KERJA BERSAMA KPK

Share This:

 

Jajaran kepala SKPD Bolmong saat menghadiri rapat kerja bersama KPK pagi tadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan  Daerah yang baik , Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (08/02/2018) pagi tadi, menghadiri rapat indentifikasi awal tata kelola bersama Komisi Pemberantaran KOrupsi (KPI)  RI. Acara yang digelar di ruang FJ Tumbelaka  Kantor Gubernur Sulut tersebut, digelar dengan tujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

Dimana, nantinya pihak KPK akan melakukan  pendampingan, pada tata kelola pemerintahan ke daerah – daerah. Sebab, sesuai dengan undang – undang,  tugas KPK tidak saja dibidang penindakan, tetapi juga meliputi tugas koordinasi, supervisi, monitoring, dan pencegahan tindak pidana korupsi( tipikor ).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Dikominfo) Kabupaten Bolmong, Parman Ginano lewat siara persnya mengatakan kalau ada beberapa kesimpulan pada rapat kerja tersebut. “Salah satunya adalah Kesepakatan bersama yang nanti akan di tanda tangani pada 21 Februari 2018 nanti, antara Bupati, pimpinan DPRD, Sekretaris Daerah dan pihak KPK,” ungkap Parman.

Dalam kesepakatan tersebut, ditambahkan Parman telah ada beberapa poin yang direncanakan, sebagai bagian dari rencana aksi pencegahan Tipikor. “Diantara program tersebut adalah dilakukannya, perencanaan melalui Penerapan e-planning, pengelolaan Anggaran dan Barang Milik Daerah melalui e budgeting dan Simda BMD, Pengadaan Barang dan Jasa melalui e procurement, Pelayanan perijinan maupun non perijinan yang cepat dan tepat, Penguatan kompetensi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah Daerah (APIP), dan  Pengembangan Teknologi Aplikasi dan Infrastruktur IT yg dapat diakses oleh masyarakat,” jelas Parman.

Selain itu, Parman mengatakan, nantinya proses managemen ASN melalui Simpeg dan Penerapan  TPP secara efektif dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan bagian dari program tersebut. “Pengelolaan Dana Desa yang transparan melalui Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), serta  Kepatuhan dalam pemasukan LHKPN dan Pelaporan Gratifikasi juga adalah bagian integral dari program yang akan dijalankan nanti,” tambahnya.

Diketahui,. Acara itu sendiri dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang SIP, MM, bersama dengan sejumlah kepala SKPD, diantaranya Inspektur Daerah, Kepala Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BKPP, Kepala Bappeda, Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian, Kadis DPMPTSP dan Kabag ULP. (sofyan peduho/jun)

author

Author: