PRODUK KOPI BILALANG I Diusulkan Masuk BUMDes

Bagikan Artikel Ini:

 

Sangadi Desa Bilalang I, Hj Badaria Ayo Mokoginta

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Produk kopi yang ada di Desa Bilalang I saat diketahui telah diusulkan untuk dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal ini dikatakan oleh Sangadi (kepala desa.red) Bilalang I Hj Badaria Ayo Mokoginta saat ditemui beritatotabuan.com, di ruang kerjanya, Senin (26/02/2018) kemarin. “Produk kopi tersebut sudah diusulkan pada program BUMDes tahun ini tetapi masih menunggu proses karena program BUMDes saat ini masih fokus bergerak dibidang jasa,” ungkapnya.

Badaria mengatakan kalau petani kopi di desanya memiliki ratusan hektar kebun kopi, yang hasil kopi tersebut lantas diolah untuk kemudian dipasarkan. “Saat ini para petani kopi di Bilalang I mendapatkan pendampingan langsung dari Dinas Pertanian dan Bank Indonesia (BI) untuk pengembangan usaha mereka,” tambahnya.

Badaria pun menyebut kalau produk kopi di wilayahnya bisa disandingkan dengan beberapa varian kopi lain dari beberapa daerah yang ada di Indonesia. “Kualitas kopi kita di Bilalang I terus ditingkatkan seiring dengan pendampingan yang dilakukan langsung oleh pemerintah lewat instansi teknis terkait mereka. Kedepan, tentunya kualitas kopi ini bisa diadu dan tidak akan kalah dengan rasa kopi serta aroma khas daerah daerah lain,” tuturnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.