ADV2 ADV2 ADV2

Waspada Cuaca Ekstrim, DPRD Bolmut MINTA BPBD SIAGA

Share This:

 

Arman Lumuto, SPd.I, MPd.I

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Arman Lumoto, ingatkan masyarakat agar lebih waspada dengan kondisi cuaca yang akhir – akhir ini. “Kondisi curah hujan yang disertai dengan angin kencang yang begitu keras ini perlu diwaspadai oleh masyarakat yang tinggalnya baik dipesisir pantai maupun yang tinggal dibukit pegunungan,” ujarnya.

Dijelaskannya, bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja sehingga perlu bagi masyarakat untuk mewaspadai. “Kondisi daerah kabupaten Bolmut sangat rawan dengan banjir, longsor ditambah lagi daerah kita berada dipesisiran pantai sehingga itu perlu dilakukan kewaspadaan,” jelasnya.

Lumoto juga meminta, kepada pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut agar tetap siaga dalam menghadapi konidisi cuaca akhir – akhir ini. “Mengingat kondisi cuaca akhir – akhir ini tang tidak menentu, kami juga meminta kepada pihak BPBD agar trus berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan agar apabila ada bencana yang terjadi, dapat segera mungkin diberikan bantuan,” harapnya.

Dilain pihak, Kepala BPBD Bolmut, Musmilan Datukramat, saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi, Himotologi dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Manado bahwa puncak musim hujan di Wilayah Sulawesi Utara dan khususnya di Kabupaten Bolmut akan terjadi pada Bulan Februari ini dengan intensitas sangat tinggi. “Dengan adanya informasi dari BMKG tersebut maka kami menghimbau agar masyarakat yang bermukim di dataran rendah dan rawan longsor agar lebih waspada,” ujarnya.

Mantan Birokrat dari Provinsi Maluku Utara ini juga mengungkapkan, bahwa dengan adanya anomali cuaca saat ini lah sehingga sangat sulit memprediksi datangnya bencana yang diakibatkan curah hujan yang intensitasnya sedang sampai lebat yang disertai angin ini. “Intinya masyarakat harus lebih waspada karena curah hujan baik lebat maupun sedang yang nantinya disertai angin kencang bahkan petir dikabupaten Bolmut di bulan februari ini,” terangnya. (I-ONE)

author

Author: