ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

CALON SANGADI Yang Akan Ikut Pilsang Harus IKUT UJI KELAYAKAN

Share This:

 

Bupati Boltim, Sehan Landjar SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak 27 desa di Boltim dipastikan digelar tahun ini.  Hal itu dikemukakan, Bupati Sehan Landjar beberapa waktu lalu.  Ia menyebutkan, pilsang 17 desa dilaksanakan usai lebaran nanti. “Sekitar bulan Agustus atau September kita laksanakan pilsang di 17 desa,” tutur Eang sapaan akrab bupati.

Ia mengaku, seleksi Bakal Calon (Balon) Sangadi akan diperketat agar nantinya 17 desa dipimpin sangadi yang berkualitas. “Kita harus pasang standar. Sebab jabatan sangadi saat ini harus dijabat oleh orang yang punya kemampuan, baik pemerintahan maupun pengelolaan anggaran yang mencapai miliaran rupiah,” tegas bupati.

Terpisah, Kelapa Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), Ikhlas Pasambuna menuturkan, agenda pilsang serentak harus dilaksanakan tahun ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) yang baru direvisi oleh Dekab Boltim. “Berdasarkan aturan harus tahun ini Pilsang,” katanya.

Namun menurutnya, pelaksanaan tahapan masih menunggu keputusan bupati yang menjadi acuan untuk nelaksanakan pesta demokrasi tingkat desa tersebut. “Kita masih menunggu keputusan pimpinan. Muda-mudahan pelaksanaan pilsang tahun ini tidak terbentur dengan agenda besar nasional,” harapnya.

Ditambahnya, tahapan pelaksanaan pilsang tahun kali ini sama seperti tahapan pilsang serentak sebelumnya. “Semua tahapan masi sama, diantaranya sebelum ditetapkan menjadi calon, para bakal calon (Balon) sangadi mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang dipimpin langsung bupati,” tukasnya.(mg3/Mon77).

author

Author: