ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Ini Pesan Bupati Saat Buka Rangkaian Lomba Dalam Rangka HUT BOLMONG Ke 64

Share This:

 

Bupati Bolmong saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Bolmong ke 64

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Selasa (13/02/2018) membuka dengan resmi kegiatan rangkaian lomba dalam rangka memeriahkan HUT Bolmong ke 64 yang jatuh pada 23 Maret 2018 ini. Dalam sambutannya, Yasti mengatakan kalau dirinya menyambut baik dan memberikan apresiasi, atas pelaksanaan pembukaan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT Bolmong ke 64 tersebut.

Kegiatan lomba kesenian dan olahraga tradisional yang digelar oleh panitia Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow kali ini, merupakan kegiatan yang sangat positif, dan patut kita dukung penuh, karena dengan kegiatan ini, kita semua telah turut serta berpartisipasi aktif dalam melestarikan kesenian dan budaya daerah Bolaang Mongondow, sebagai warisan leluhur nenek moyang kita,” ujar Yasti.

Dikatakan olehnya, saat ini kesenian dan budaya yang ada di daerah, semakin tergerus dan terdegradasi oleh budaya dan kesenian asing, “Sehingga ke depan dikhawatirkan generasi muda bolaang mongondow sebagai generasi penerus di daerah ini, tidak lagi mengetahui berbagai kesenian dan olahraga tradisional kita selaku orang mongondow. Nah, lewat kegiatan seperti ini kita turut melestarikan dan menjaga keseniaan dan budaya di daerah ini,” tambahnya.

Masih menurut Yasti, salah satu tujuan utama kegiatan kali ini, adalah untuk menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan antar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, sekaligus meningkatkan minat kemampuan dan pengembangan potensi kesenian dan olahraga tradisional. “Sebab, secara konsisten beberapa kegiatan yang dilombakan nanti masih tetap dalam rangka pelestarian seni budaya lokal Kabupaten Bolaang Mongondow, meskipun ada beberapa lomba yang sifatnya umum, tetapi tetap mengedepankan sisi pembinaan terhadap pelestarian budaya lokal orang mongondow,” paparnya.

Untuknya, Yasti berharap lewat lomba kesenian dan olahraga tradisional yang akan digulir nanti, diharapkan dapat membangkitkan dan mengenang kembali kecintaan pada kesenian dan olahraga tradisional Bolaang Mongondow, sekaligus memberikan pemahaman bagi generasi berikutnya, agar dapat melestarikan nilai tradisional seni budaya Bolaang Mongondow. “Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan sebagai sarana hiburan bagi sesama ASN dan masyarakat sekitar, serta sarana dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-64 Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2018,” tutupnya. (mg2/jun)

author

Author: