Masalah Sampah Jadi KELUHAN WARGA Saat Reses Ketua DPRD Boltim

Bagikan Artikel Ini:

 

Reses Ketua DPRD Boltim di wilayah Modayag

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Sampah masih menjadi permasalahan yang serius di Kabupaten Boltim. Dimana sejumlah masyarakat yang ada diwilayah kecamatan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, untuk segera menyelasikan masalah sampah tersebut. Keluhan ini terungkap pada saat Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, melakukan kegiatan reses masa sidang pertama tahun 2018 di Kecamatan Modayag.

Reses yang dipimpin langsung Ketua Dekab Boltim, Marsaoleh Mamonto, di Kantor Desa Modayag II tersebut, para warga meminta Pemkab menyiapkan mobil pengangkut sampah. “Untuk usulan mobil pengankut sampah nanti kita tindak lanjuti setelah daerah kita sudah memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jangan nanti sudah ada mobil pengankut sampah namun kita bingung ingin membuang sampah itu kemana, karena kita belum ada tempat pembuangan,” ungkap Marsaoleh.

Marsaoleh mengatakan, pihaknya akan berupaya mengusulkan pembangunan TPA ke Pemkab Boltim. “Kita akan usulkan TPA ke pihak eksekutif, karena sampah merupakan masalah yang serius yang harus segera diselesaikan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Boltim, Mohammad Iksan Pangalima, mengaku pihak Pemkab sedang berupaya untuk melakukan pembangunan TPA, karena sebelumnya masi terkendala beberapa masalah. “Rencananya akan kita bangun di dua wilayah. Untuk TPA membutuhkan lahan 4-5 hektar. Namun sambil menunggu adanya TPA, pihak Pemerintah Desa juga bisa membangun Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dengan anggaran melalui Dana Desa (Dandes), agar masalah sampah di desa-desa bisa terselesaikan,” jelas Iksan.(mg3/Mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.