ADV2 ADV2

Pakai Baju Adat Saat HUT Bolmong ke 64, Bupati : BUDAYA MONGONDOW HARUS DILESTARIKAN

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soerepdjo Mokoagow, menyatakan kebanggan dirinya yang mengenakan baju adat saat upacara peringatan HUT Bolmong ke 64, Jumat (23/03/2018) pagi tadi.

“Kita harus melestarikan budaya serta adat istiadat yang telah dibangun oleh orang-orang terdahulu untuk daerah ini. Makanya, di HUT Bolmong ke 674 ini, seluruh ASN dan Kepala SKPD ikut memakai baju adat sebagai penghargaan dan upaya melestarikan budaya mongondow di daerah ini,” ucap Yasti.

Soal pakaian adat yang dipakainya, yang kelihatan berbeda dengan SKPD maupun ASN lainnya. Yasti mengatakan kalau itu adalah pakaian adat khas untuk seorang pemimpin daerah. “Baju seperti ini pertama kali saya pakai saat akan memasuki rumah dinas usai dilantik sebagai Bupati. Nah, sebelum upacara peringatan HUT Bolmong para tetua adat mengingatkan saya untuk kembali memakai baju ini. Sebab, pakaian ini merupakan baju adat dari seorang pemimpin daerah,” ungkapnya.

Yasti pun dalam kesempatan tersebut, menghimbau agar pakaian adat seperti yang dipakai oleh ASN dan kepala SKPD saat ini tidak hanya sekedar seremonial. “Lebih dari itu, kita harus memaknai betul setiap sendi adat dan budaya yang ada di daerah ini, dengan demikian saya yakin budaya dan adat di daerah ini tidak akan mudah pudar tergerus zaman,” tuturnya. (mg2/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.