Ingin Kenali Sejarah Bolaang Mongondow, Datangi SKPD di Kotamobagu Ini

Bagikan Artikel Ini:

 

Koleksi arsip sejarah dan kebudayaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Bagi anda yang ingin mendalami budayaan dan adat Bolaang Mongondow tempo dulu, bisa mengunjungi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu. Pasalnya, instansi tersebut ternyata memiliki koleksi sejumlah arsip dari budaya dan adat yang ada di tanah Bolaang Mongondow Raya.

Kepala Bidang Kearsipan, Irving Kumajas, saat dijumpai awak media di ruangan perpustakaan Kotamobagu, mengatakan, bahwa perpustakaan yang pada satu ruangan ini sengaja disiapkan hanya untuk koleksi foto-foto budaya adat Mongondow, Para Raja Bolmong, Alat  Budaya Bolmong tempo dulu.

“Banyak arsip budaya dan adat di ruangan ini, diantaranya adalah Foto pasar tradisional, mesjid tua di Desa Kopandakan, RS Datoe Binangkang tempo dolu, Paduka Raja Bintauna, Rumah Adat Totabuan, Raja Kaidipang, Raja Bolaang Uki, Peta Bolaang Mongondow Versi Hindia Belanda, Gereja GMIBM dan Tulisan Kuno, Kabela, Digu, Kokandong, Kodapa,” tuturnya.

Irving menambahkan, kalau hal tersebut dilakukan mereka sebagai bagian dari upaya untuk tetap melestarikan budaya dan adat di Bolaang Mongondow. “Sehingga generasi kita kedepan, bisa mengikukti dengan baik rekam jejak dan sejarah daerah ini. Dengan demikian maka mereka bisa lebih mengenal identitas dan entits daerah ini dengan kuat,” tambahnya.

Irving pun mengatakan kalau pihaknya terbuka dengan warga yang ingin datang dan melihat langsung koleksi arsip sejarah dan kebudayaan yang tersimpan di instansinya. (febri limbanon)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.