Menteri Desa dan Ketua DPD RI Tinjau Langsung Sanggar Budaya di Bilalang I

Share This:

ADVETORIAL

Menteri Desa, PDT dan Tranmigrasi Bersama Ketua DPD RI saat dijemput dengan adat di Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, ADVETORIAL – Desa Bilalang 1 salah satu Desa yang sukses dalam pengelolaan Dana Desa, termasuk Sanggar Seni dan Budaya yang  dibangun menggunakan Dana Desa. Karena itu, Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, B.SEE.M,BA bersama Ketua DPD RI, Dr. H.Oesman Sapta Odang,    berkunjung sekaligus memantau pembangunan hasil Dana Desa, salah satunya Sanggar Seni dan Budaya di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Menteri Desa PDT dan Tramigrasi bersama Ketua DPD RI, dan Walikota Kotamobagu saat meninjau Desa Bilalang I Kecamatan Kotamobagu Utara

Kamis (12/04/2018), di tengah sambutan masyarakat Desa Bilalang, Walikota Kotamobagu, Muhamad Rudi Mokoginta, SE.MTP, menyampaikan bahwa Kotamobagu merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam dan produk unggulan yang bisa dikembangkan. “Antara lain, Desa Bilalang 1 memiliki produk unggulan Kopi Dinodok, Bilalang II Kopi Sinondag, Desa sia sebagai potensi wisata alam yang murni, dan Desa lainnya,” ujarnya.

Kekayaan alam dan produk usaha local tersebut kata Rudi akan bisa mendongkrak perekonomian Kotamobagu. Namun begitu, Rudi mengatakan kalau hal tersebut masih membutuhkan sentuhan dari pemerintah pusat. “Untuk itu saya berharap bapak Ketua DPD RI dan Mentri Desa dapat membantu Kota Kotamobagu lewat program perkebunan dan budidaya tanaman,” harapnya.

Menteri Desa PDT dan Transmigrasi saat menanda tangani prasasti peresmian sejumlah bangunan infrastruktur di Desa Bilalang I

Sementara itu, Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, B.SEE.M,BA mengatakan, bahwa dana desa itu setiap tahun selalu ditingkatkan  oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo, “Ini artinya berterimakasilah kepada bapak Presiden,”ucap Eko.

Eko pun dalam kesempatan tersebut menambahkan kalau kedepan, dana desa di setiap wilayah di Indonesia akan kembali dinaikkan oleh Presiden Republik Indonesia. “Ini penting. Sebab, dengan dana desa maka sentuhan program ke masyarakat akan lebih dirasakan secara langsung. Hingga saat ini sudah cukup banyak desa yang berkembang dengan adanya program dana desa tersebut. Kedepan ketika dinaikkan lagi, tentunya kami berharap akan benar-benar dimaksimalkan oleh seluruh perangkat desa untuk kemakmuran masyarakat,” paparnya.

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang naik bentor menuju ke Desa Bilalang I

Menariknya, dalam kesempatan tersebut, Menteri Desa, PDT dan Tranmigrasi tersebut ikut memberikan suntikan dana ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Desa Bilalang I. “Karena Desa ini sudah ada BUMDes meskipun baru satu namun kami akan berikan Rp 50 juta ke BUMDes,” akunya.

Dia berpesan, uang tersebut gunakan untuk memperbesar usaha di BUMDes. “Kemudian BUMDesnya bangun kerjasama dengan bank BRI atau BNI, supaya masyarakat ada yang menabung atau mengambil uang maka tidak perlu ke bank,” ucapnya. ((advertorial/febri/jun)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.